Pentingnya pendidikan anak usia dini

Pentingnya memperkenalkan pendidikan kepada anak sedini mungkin

Pendidikan anak usia dini akan memberikan persiapan kepada sang anak untuk menghadapi masa-masa kedepannya, yang paling mendekati adalah masa sekolah. Di masa TK pun sudah mulai diajarkan kemampuan bersosialisasi dan problem solving terhadap lingkungannya. Karena kemampuan-kemampuan tersebut sudah bisa dibentuk sejak usia dini.

Pendidikan anak usia dini itu sangat penting, mengapa? Karena di usia inilah anak-anak harus membentuk kesiapan dirinya menghadapi masa sekolah dan masa depannya nanti. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, kecerdasan emosi, sosio emosional bahasa san komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari pendidikan pada  anak usia dini, antara lain:

1.Mengajari untuk belajar disiplin dan patuh terhadap aturan
Pendidikan usia dini juga akan membuat anak terbiasa dalam mengikuti peraturan yang harus dilaksanakan. Dengan begini sang anak belajar apa yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan.

2. Membentuk kepribadian
Dari pendidikan usia dini orang tua bisa mulai mengenal dan membentuk kepribadian anak lebih dalam. Dalam hal ini kita akan mengenal tentang bagaimana pola pikir dan penyelesaian masalah yang mereka ambil. Dengan mengetahui kepribadian sang anak lebih dalam, orang tua dan pengajar pasti akan lebih mudah untuk menangani dan memberikan pengarahan kepada sang anak.

3. Mengasah kreativitas dan daya imaginasi sang anak
Saat berada di bangku pendidikan usia dini, anak akan berada dalam kondisi pembelajaran yang menyenangkan. Proses belajar yang dilakukan dengan permainan dan bermain membuat sang anak merasa nyaman dan sang anak dapat bebas berkreasi dengan imajinasi mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian materi pendidikan

Belajar, mengajar, dan pembelajaran

Educational system adopted in Indonesian