Pengertian pendidikan

Pendidikan

Sebelumnya kita selalu membahas hal hal yang berhubungan dengan pendidikan, tapi apakah kalian tahu apa itu pendidikan? Naah kalau kalian belum tahu apa itu pendidikan, disini saya akan menjelaskan apa itu pendidikan, simak sampai selesai ya…

Secara Etimologi kata pendidikan dalam bahasa inggris menjadi education, kata pendidikan pada bahasa latin disebut sebagai educatum yang berasal dari 2 kata yaitu e dan duco yang dimana e berartikan pengembangan daei dalam keluar atau sedikit banyak dan kata puco mempunyai arti pengembangan atau sedang dikembangkan jadi secara etimologi pendidikan dapat diartikan sebagai proses pengembangan kemampuan diri dan kekuatan individu. Jadi, secara singkat pengertian pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi seorang manusia yang kritis dalam berpikir.

Pengertian lain menurut ki hajar dewantara pendidikan adalah tuntutan hidup tumbuknya anak-anak. Dengan kata lain pendidikan adalah segala kekuatan yang memang sudah ada pada diri anak mereka menjadi manusia dan anggota masyarakat dengan mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pendidikan dapat diartikan sebagai proses pengembangan diri melalui perubahan sikap dan perilaku individu ataupun kelompok orang dalam proses mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan kemudian perguruan tinggi. Pendidikan juga memiliki tujuan dan fungsi, berikut penjelasannya:

  • Tujuan pendidikan adalah upaya peningkatan kualitas bangsa. Pendidikan adalah cara dalam peningkatan kualitas Negara. Seperti yang tercantum dalam MPRS no.2 Tahun 1960 yang berbunyi pendidikan adalah pembentuk pancasilais sejai berdasarkan ketentuan yang sudah dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945.
  •  Fungsi dari pendidikan adalah untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak, kepribadian, agar peserta didik menjadi pribadi yang bermatabat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian materi pendidikan

Belajar, mengajar, dan pembelajaran

Educational system adopted in Indonesian