Pengertian materi pendidikan

Pengertian Materi Pendidikan (Pembelajaran)

Materi pendidikan pada hakikatnya merupakan bagian tidak terpisahkan dari silabus, yakni perencanaan, prediksi dan proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran.
Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran.

Cangkupan materi pendidikan

Berdasarkan tujuan pendidikan yang ingin dicapai, kita harus tahu bahwa tujuan pendidikan itu sangat luas, mulai dari tujuan umum sampai ke tingkat tujuan khusus yang sekecil-kecilnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita harus mempertimbangkan kriteria/syarat utama dalam pemilihan itu antara lain :
1. Bahan/materi harus sesuai dan menunjang tercapainya tujuan.
2. Bahan/materi harus sesuai dengan peserta didik.

Materi yang diberikan kepada siswa harus sesuai dengan tujuan pendidikan, yang mengandung nilai-nilai yang sesuai dengan pandangan hidup bangsa Indonesia. Selain harus sesuai dengan tujuan, dituntut pula agar sesuai dengan subjek didik yang dipelajarinya.

Demikian penjelasan singkat dari saya tentang pengertian materi pendidikan, semoga bermanfaat bagi kalian-kalian semuanya….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar, mengajar, dan pembelajaran

Educational system adopted in Indonesian