Belajar, mengajar, dan pembelajaran

Belajar, mengajar dan pembelajaran

Apakah kalian tahu perbedaan dari belajar, mengajar, dan pembelajaran? Kita hanya sekedar tahu tapi tidak benar-benar mengetahui perbedaan dari 3 macam tersebut. Disini kita akan membahas perbedaan dari 3 macam yang berhubungan dengan pendidikan tersebut.

  • Belajar
Definisi belajar menurut Moh. Surya (1981:32) adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu,berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman.

Jadi, belajar adalah usaha individu untuk menjadi yang lebih baik dalam segi ilmu pendidikan, sikap, tingkah laku, dll. ciri-ciri dari sebuah belajar adalah terjadinya perubahan sikap kognitif, perubahan tingkah laku, dan memiliki tujuan yang terarah.

  • Mengajar
Menurut Prof. Dr. H. Dadang Suhardan, M.Pd, mengajar pada dasarnya merupakan kegiatan akademik yang berupa interaksi komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Aktivitas mengajar merupakan kegiatan guru dalam mengaktifkan proses belajar peserta didik dengan menggunakan berbagai metode.

Pengertian lain mengajar adalah usaha untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dalam belajar. Secara sederhananya bisa kita mengerti sebagai proses transfer ilmu kepada orang lain.

  • Pembelajaran
Menurut Slavin, pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.

Menurut Corey, pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus.

Menurut Woolfolk, pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku.

Pengertian lain secara sederhana dari proses pembelajaran adalah proses belajar mengajar yang bisa difahami oleh siswa dalam belajar. Dapat dikatakan sebagai tujuan akhir dalam proses belajar mengajar (knowledge goal).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian materi pendidikan

Educational system adopted in Indonesian